ShiErLy

Friday, March 30, 2007

...PaRis Vs MeNaRa eifEL....



,,,,,PaRis,,,,,,,

Paris

Menara Eiffel

Paris adalah ibu kota Perancis dan juga merupakan ibu kota région Île-de-France, yang daerahnya meliputi kota Paris beserta daerah pinggirannya.

Kota ini memiliki penduduk 2.147.857 jiwa (1999). Sedangkan daerah metropolitan Paris atau Paris Raya memiliki penduduk 11.174.743 jiwa (1999). Paris merupakan kota terpadat di Uni
Eropa dan kota metropolitan terbesar kedua di Eropa (setelah Moskwa, setara dengan London), dan juga kota metropolitan berpenduduk terbanyak ke-20 di seluruh dunia.


Daerah Paris Metropolitan Raya, dengan total PDB yang lebih tinggi dari Brasil atau Rusia pada tahun 2003, adalah pusat keuangan dan bisnis terbesar di Eropa (berikut London), menampung lebih dari 30% populasi pekerja kantoran, dan juga lebih dari 40% dari kantor pusat perusahaan-perusahaan Perancis, dengan distrik bisnis terbesar di Eropa (La Défense) dan pasar bursa terbesar kedua di Eropa (Euronext).

Terkenal sebagai 'Kota Bertaburan Lampu' (la Ville Lumière), Paris adalah tujuan wisata terkemuka sejak dahulu kala. Kota ini dikenal dengan arsitektur bangunannya yang indah, pengaturan kota dan jalan-jalan besarnya, dan juga koleksi museum-museumnya. Dibangun di tepi sungai Seine, kota ini dibagi menjadi dua bagian: Tepi Kanan ke arah utara dan Tepi Kiri yang lebih kecil ke arah selatan.


Sebelumnya sebagai ibu kota kerajaan yang koloninya tersebar di lima benua, saat ini Paris masih disebut sebagai pusat untuk dunia bahasa Perancis dan mempertahankan posisi yang kuat di percaturan dunia dengan menjadi tuan rumah dari markas besar OECD dan UNESCO. Hal ini, dilengkapi dengan kegiatan keuangan, bisnis, politik, dan wisata, telah menjadikan Paris sebagai salah satu rangkaian transportasi utama di dunia. New York, London, Tokyo, dan Paris sering disebut sebagai empat kota utama terbesar di dunia.


Pada sensus tahun 1999, penduduk Paris (tidak termasuk pinggiran) berjumlah 2.125.246 dengan jumlah penduduk di daerah metropolitan sebanyak 11.174.743. Jumlah tersebut belum mencapai titik puncak seperti pada tahun 1921 yaitu 2,9 juta jiwa. Penduduk juga mulai bergeser ke daerah pinggiran serta daerah kota Paris sendiri lebih banyak dipakai untuk perkantoran dibanding pemukiman.


Untuk perkiraan Februari 2004, penduduk kota ini mencapai 2.142.800 jiwa, peningkatan pertama sejak 1954. Untuk daerah metropolitan, terdapat sekitar 11,5 juta jiwa, berkembang dua kali lebih cepat pada tahun 2000-an dibanding pada 1990-an. Selain itu, daerah metropolitan Paris sendiri sudah berkembang secara berkesinambungan sejak akhir abad ke-16


Seiring perjalanan waktu, dikhawatirkan terjadi muséification di kota Paris. Kota ini akan menjadi museum karena berbagai kegiatan sudah terjadi di luar kota Paris, bahkan distrik bisnisnya, La Défense, terletak di luar kota. Dikhawatirkan, penduduk kota Paris lama-kelamaan hanyalah turis.

Imigrasi

Daerah metropolitan Paris adalah salah satu yang paling multi-kultur di Eropa. Pada sensus tahun 1999, 19,4% penduduk dilahirkan di luar daerah metropolitan. Salah satu kelompok imigran yang paling menonjol adalah dari Afrika Utara. Setelah terjadi kerusuhan pinggiran Paris 2005 yang kemudian menjalar ke kota lain, muncullah berbagai kritik tentang diskriminasi terhadap imigran dan kurang mampunya masyarakat berintegrasi.




Transportasi
Bandar udara (bandara)

Paris memiliki dua bandara utama: Bandara Orly di selatan dan Bandara Internasional Charles de Gaulle di Roissy. Bandara Le Bourget hanya melayani penerbangan bisnis, pameran kedirgantaraan dan sebuah museum. Sebuah bandara yang jauh lebih kecil terletak di B
eauvais, 70 km di utara kota Paris.

Transportasi umum darat

Transportasi dalam kota Paris dihubungkan oleh jaringan 13 jalur transportasi cepat mas
sal (mass rapid transport) yang dikenal sebagai Métro (singkatan dari Métropolitain), dan berbagai rute bus. Jaringan tersebut terkait tersambung ke kereta cepat regional RER, dan hubungan kereta api antarkota TGV, Thalys, dan Eurostar. tram dengan jalur ketiga sedang dibangun. AngkDi daerah pinggiran, terdapat dua jalur utan dalam kota Paris dikelola oleh satu lembaga yang dikenal sebagai RATP.



Objek turisme di Paris

Kota Paris merupakan kota turisme. Jutaan turis berdatangan ke kota ini untuk menikmati suasana khas kota ini serta citranya sebagai salah satu pusat seni moderen. Kota ini juga memiliki banyak museum dengan koleksi penting. Berikut adalah objek turisme utama di Paris:
Menara Eiffel
l'Arc de Triomphe
Champs Elysée
Katedral Hati Kudus Montmartre
Museum Louvre
Museum Orsay
Katedral Notre Dame
Kabaret Moulin Rouge




Posted by e y y i :: 3:22 AM :: 0 comments

Post a Comment

-------------------------------------